in ,

Akbar Tandjung: KAHMI Punya Persaudaraan yang Tinggi

Pelaksanaan Jalan Sehat Nasional KAHMI di kawasan Pantai Maju PIK, Jakarta Utara, pada Sabtu (26/3/2022). Kegiatan digelar dalam rangka menyongsong Munas XI KAHMI di Kota Palu, Sulteng, pada November 2022. LMD MN KAHMI/Fatah Sidik
Pelaksanaan Jalan Sehat Nasional KAHMI di kawasan Pantai Maju PIK, Jakarta Utara, pada Sabtu (26/3/2022). Kegiatan digelar dalam rangka menyongsong Munas XI KAHMI di Kota Palu, Sulteng, pada November 2022. LMD MN KAHMI/Fatah Sidik

Kahminasional.com, Jakarta – Ketua Dewan Penasihat Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI), Akbar Tandjung, menyoroti lokasi pelaksanaan Jalan Sehat Nasional yang digelar Sabtu (26/3).

Kegiatan berlangsung di Pantai Maju PIK, Jakarta Utara (Jakut), yang penghuninya didominasi warga negara Indonesia (WNI) keturunan Tiongkok.

Menurutnya, pemilihan lokasi acara tersebut menunjukkan KAHMI memiliki persaudaraan yang tinggi dengan seluruh WNI tanpa memandang suku, bangsa, dan etnis.

“Peristiwa ini menunjukkan bahwa niat kita, KAHMI adalah warga negara Indonesia yang punya satu rasa persaudaraan yang tinggi,” katanya dalam sambutan acara.

Akbar menerangkan, Tuhan memang menciptakan manusia dari berbagai bangsa dan suku. Namun, hanya yang paling bertakwa yang paling mulia di sisi-Nya.

Baca Juga :  Tokoh KAHMI Sulsel Dipinang PPP

“Itulah yang jadi posisi kita,” ucapnya. “Kita juga merupakan satu warga yang betul-betul untuk membangun Indonesia karena kita semua satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.”

Mantan Ketua DPR ini menyampaikan demikian lantaran keindonesia dan keislaman yang tertanam di dalam HMI dan KAHMI bak dua sisi mata uang. Keduanya tidak bisa dipisahkan.

“Itulah identitas kita,” tegasnya. Apalagi, Indonesia dan HMI memiliki tujuan yang sama: mewujudkan masyarakat adil makmur.

Akbar menambahkan, HMI dan KAHMI merupakan organisasi terbesar se-Indonesia. Alasannya, kader dan alumninya tersebar di seluruh penjuru Tanah Air.

“Dari Sabang sampai Merauke, di situ ada warga kita. Tidak berlebihan kalau kita katakan organisasi KAHMI atau HMI [adalah] organisasi terbesar di Indonesia,” tandasnya.

Baca Juga :  Harry Azhar Azis, Keakraban Tanpa Sekat

Kegiatan ini diikuti beberapa kader dan alumni HMI, di antaranya Ketua Dewan Pakar KAHMI, Mahfud MD; Koordinator Presidium MN KAHMI, Ahmad Riza Patria; serta Koordinator Presidium MN KAHMI, Viva Yoga Mauladi dan Siti Zuhro.

Lalu, Sekretaris Jenderal MN KAHMI, Manimbang Kahariady; Koordinator Presidium FORHATI, Hanifah Husein; Rektor UICI, Laode M. Kamaluddin; serta ratusan kader dan alumni HMI.

Selain jalan sehat, kegiatan juga dirangkai dengan pembagian hadiah kepada para pemenang Pekan Olahraga KAHMI, yang telah digelar pada 28 Februari-3 Maret lalu.

Kemudian, peluncuran logo Musyawarah Nasional (Munas) XI KAHMI di Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng), yang rencananya digelar pada 20-22 November mendatang.

Baca Juga :  Koorpres: Lebih Sulit Putuskan Tuan Rumah Munas XI KAHMI daripada Piala Dunia

Sumber :

Fatah S

Berkarier di industri media sejak 2010 dan menjadi penulis buku.